Mahasiswa IAIN Tulungagung Gelar Empowering of Educational Character in Ramadhan

By Abdi Satria


nusakini.com-Tulungagung -Sejumlah Mahasiswa Pascasarjana (S2) Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Tulungagung mengadakan pengabdian masyarakat di SMPN 1 Tulungagung yang diberi tajuk: “Empowering of Educational Character in Ramadhan”. 

Kepala Program Studi S2 PAI Agus Zaenul Fitri mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari MoU antara Prodi S2 PAI dengan SMPN 1 Tulungagung. Menurutnya, pendidikan karakter sangat erat kaitannya dengan upaya membangun bangsa yang religius dan beradab di tengah arus zaman yang kian hari makin mengalami krisis karakter dan degradasi moral. 

“Selama ini kegiatan pengabdian kepada masyarakat hanya dilaksanakan oleh para dosen, untuk mahasiswa dirasa masih kurang,” ujarnya.  

“Mahasiswa memiliki pengalaman yang berharga sebagai calon pendidik, peneliti dan konsultan dalam bidang Pendidikan Agama Islam,” sambungnya. 

Sekretaris Prodi S2 PAI Lailatuzz Zuhriyah menuturkan program pengabdian masyarakat ini diisi dengan kegiatan pendidikan dan pengajaran serta penelitian dalam bentuk literasi.  

Selain itu, lanjut Lailatuzz Zuhriyah, kegiatan diisi pelbagai amaliyah Ramadan, seperti Shalat Dluha berjamaah, tadarus Al-Quran, penyampaian materi pendidikan karakter dan dilanjutkan dengan Shalat Dzuhur berjamaah. Untuk menghindari kebosanan peserta didik, diadakan “Nonton Bersama” film pendidikan karakter, model pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dengan pendekatan drama, menyanyi, dan juga ice breaking. 

Kegiatan pengabdian masyarakat bagi calon magister Pendidikan Islam ini dilaksanakan dari 24-28 Mei 2019 di SMPN 1 Tulungagung dan diikuti seluruh mahasiswa dari seluruh angkatan, 2016-2018, termasuk juga alumni.  

Direktur Pascasarjana IAIN Tulungagung Akhyak memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Prodi S2 PAI. “Kegiatan pengabdian ini merupakan implementasi dari perilaku kecendekiawanan mahasiswa dan dosen agar memberikan kemanfaatan masyarakat,” katanya.  

“Bagi saya, kegiatan ini dapat menjadi media latihan dalam pengembangan intelektualitas para mahasiswa dan akan mendukung peningkatan akreditasi S2 PAI menuju IAIN Tulungagung sebagai Kampus Dakwah dan Peradaban,” tutur Guru Besar Filsafat Pendidikan. 

Kepala SMPN 1 Tulungagung Fauji menyambut dan berharap agar kegiatan yang bernilai positif ini dapat diselenggarakan pada tahun yang akan datang. “Kegiatan ini sangat disukai anak-anak dan menjadi sesuatu yang berkesan dalam pegalaman keagamaan mereka,” ucapnya. 

“Bagi para Mahasiswa S2 Prodi PAI. kegiatan ini akan memperkuat pembelajaran micro teaching dan memberikan pengalaman mengajar yang berharga,” lanjutnya. 

Sebelumnya, Pascasarjana IAIN Tulungagung juga menggelar “Program of Academical Action in Ramadhan” yang dikemas dalam bentuk kegiatan bedah buku dan Launching Beasiswa Guru Madin Jawa Timur, pada 23 Mei 2019 lalu.(p/ab)